Teks Eksposisi

“PENYEBAB UTAMA KERUSAKAN ALAM ADALAH PERILAKU MANUSIA”

  Dari tahun ke tahun keadaan bumi semakin memburuk. Keadaan bumi semakin memburuk penyebabnya tak lain adalah kerusakan-kerusakan alam yang sering terjadi, sehingga membuat pondasi bumi semakin buruk. Salah satunya adalah keadaan Indonesia yang semakin lama semakin memburuk, yang salah satu penyebab kerusakan tersebut adalah perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab, yang merusak keadaan negara tanpa disadari oleh mereka.
 

  Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi, penyebabnya adalah perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah disembarang tempat yang menyebabkan jalan penuh dengan sampah dan tak sedikit pula masyarakat sekitar membuang limbah ke sungai dan membuat sungai tersumbat juga kotor sehingga menyebabkan kerusakan yang tidak bisa dibilang ringan. Penyebab lainnya adalah pembangunan gedung-gedung di wilayah serapan air tanpa memikirkan tempat serapan air, juga penebangan pohon secara liar sehingga saat hujan turun langsung mengalir bebas tanpa diserap oleh tanah terlebih dahulu
 

  Tanah longsor adalah kerusakan selanjutnya yang sering terjadi. penebangan pohon liar pada dataran tinggi tanpa memikirkan akibatnya sehingga pada dataran tinggi hutan gundul dan tidak ada pondasi atau penghalang terjadinya bencana tanah longsor, sehingga saat hujan turun, air mengalir kebawah dengan bebas sehingga terjadinya pergeseran tanah yang disebabkan oleh air yang membawa material, sehingga menyebabkan terjadinya tanah longsor. Penyebab selanjutnya adalah membuat sawah atau kolam di perbukitan dan pembangunan tersebut mengubah fungsi lahan sehingga tanah longsor yang tidak terhidarkan. 
1.​Pendapat yang disampaikan
    Kecenderungan manusia yang serakah terhadap ekosistem alam menyebabkan potensi alam menurun sehingga peluang terjadinya kerusakan alam semakin besar.

2.Argumen Yang Disampaikan
    Dari tahun ketahun, kerusakan alam di indonesia semakin memprihatinkan.Menurut catatan WALHI, jumlah hutan yang rusak di Indonesia pada tahun 2016 meningkat tiga kali lipat dari tahun 2015.Kerusakan terparah terjadi di pulau Kalimanatan dan Sumatra.Dari data yang disebutkan faktor utama penyebab keruskan ialah karena perilaku manusia.
  • Terdapat tiga perilaku negatif manusia yang menjadi penyebab utama kerusakan hitam di Indonesia.Yang pertama adalah pembakaran hutan untuk membuka lahan.Perusahaan- perusahaan seringkali mencari jalan pintas untuk membangun pabrik mereka,yaitu dengan cara membakar hutan.
  • Pembuangan limbah secara sembarangan. perusahaan seringkali membuang limbah di sepanjang aliran sungai tanpa memikirkan pencemaran air, akibatnya air dalam tanah telah tercemar dan hutan menjadi rusak.
   Menurut para ahli jumlah hutan diperkirakan terjadi kerusakan dan penebangan seluas 3.180.243  ha.Dalam kurun waktu 15 tahun,dari tahu 1990-2005 kerusakan hutan di jndonesia mencapai 28 juta hektar.

3.Rekomendasi
Masalah kerusakan lingkungan dapat merusak keseimbangan alami hutan atau ekosistem alam.Masalah diatas tersebut dapat menyebabkan dampak yang serius bagi kelangsungan makhluk hidup.Untuk mengatasi masalah kerusakan alam yang diakibatkan oleh manusia setidaknya diperlukan kesadaran untuk meminimalisasi kerusakan yang terjadi. Seharusnya kita menjaga dan melindungi alam kita karena siapa lagi jika bukan kita yang menjaga lingkungan ini.

Comments

Popular posts from this blog

Teks laporan hasil observasi

Sejarah pribadi bindo